Info Sekolah
Rabu, 27 Okt 2021
  • SMP Negeri 8 Madiun

PERINGATAN HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL (HPSN 2021) SMP NEGERI 8 KOTA MADIUN

Diterbitkan : - Kategori : umum

HPSN 2021, Kepedulian terhadap keberadaan sampah yang ada di lingkungan bukan tanggung jawab pemerintah saja, namun juga tanggung jawab semua pihak termasu lembaga pendidikan. Sebagai upaya kepedulian pemerintah dalam penanganan sampah yang ada di Indonesia maka ditetapkanlah Hari Peduli Sampah Nasional yang diperingati setiap tanggal 21 Februari.

SMP Negeri 8 Kota Madiun merupakan sebuah lembaga pendidikan yang peduli akan kebersihan lingkungan terlebih terhadap keberadaan sampah. Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional Tahun 2021 SMPN 8 Madiun melakukan berbagai Aksi Peduli Sampah, baik secara aksi nyata maupun melalui media online.

  1. Kampanye Pengelolaan dan Pemilahan Sampah

Pengelolaan sampah dan pemilahan sampah merupakan hal yang sangat penting untuk mendukung progam pemerintah dalam menangani sampah. SMPN 8 Kota Madiun melakukan kampanye online pengelolaan sampah dan pemilahan sampah melalui media Youtube https://www.youtube.com/watch?v=sPWOrua_qp8. Kampanye tersebut merupakan bentuk sosialisasi SMP N 8  khususnya kepada siswa-siswi dan seluruh warga sekolah serta kepada seluruh masyarakat pada umumnya. “Semoga media sosialisasi tersebut bisa memantik khususnya siswa-siswi SMPN 8 dan seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya agar peduli terhadap keberadaan sampah, sehingga sampah bisa dikurangi dan dikelola dengan baik”, Ucap Pak Agus Prasetyo sebagai Pokja Sampah.

 

  1. Aksi bersih lingkungan sekolah bebas sampah

Aksi bersih lingkungan diwujudkan dengan kerja bakti Bapak-Ibu guru bersama anggota pokja sampah, hal ini dilakukan sebagai upaya sekolah dalam mewujudkan sekolah bersih, sehat, dan Berbasis Lingkungan. Kerja bakti ini dilaksanakan pada hari Rabu, 24 Februari 2021 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. “Sekolah yang bersih akan menciptakan suasana yang nyaman, kebersihan ini harus tetap kita jaga.” Kata Pak Bagas Koordinator Kegiatan

 

  1. Aksi bersih Tempat Pembuangan Sampah Kelurahan

Rabu, 24 Februari 2021, pokja sampah melakukan kerja bakti kebersihan di Tempat Pembuangan Sampah (TPS)  Kelurahan Pilangbango. Aksi ini dimulai dengan membersihkan lingkungan TPS, mebersihkan sampah yang tercecer, serta area sekitar TPS yang masih terdapat rumput-rumput liar, sampah plastik, daun, maupun sampah lainnya. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian SMPN 8 Madiun dalam menangani permaslahan sampah di lingkungan sekitar.

 

  1. Aksi Pengelolaan Sampah

Tim Pokja Komposter yang digawangi oleh Pak Sigit melakukan upaya pengelolaan sampah daun di sekolah menjadi Pupuk Kompos. Dimana pengelolaan ini dilakukan dengan pengumpulan sampah daun serta ranting yang telah dikeringkan kemudian dijadikan satu dalam wadah Komposter dengan sedikit pemberian air dan tanah. Upaya ini dilakukan dalam rangka pemanfaatan sampah di lingkungan sekolah menjadi barang yang berguna. Hasil dari pengelolaan pupuk kompos nantinya akan digunakan untuk memupuh tanaman-tanaman hias yang berada di lingkungan sekolah.

Pengelolaan sampah selanjutnya yaitu pengelolaan sampah botol plastik bekas menjadi media tanam. Botol bekas dapat dijadikan media taman dengan cara menggunting dan melubangi beberapa bagian yang kemudian diberi media tanah. Upaya ini dilakukan untuk memberikan edikasi kepada siswa-siswi khususnya dan umumnya kepada warga sekolah agar memanfaatkan sampah botol plastik untuk dijadikan barang yang berguna. Selain itu hasil dari pembuatan media tanam botol bekas nantinya digunakan untuk menambak Objek tanaman yang ada di taman sekolah agar sekolah bertambah asri, sejuk, dan berbudaya lingkungan.

 

Dengan dilakukannya kegiatan Aksi Peduli Sampah tersebut, SMP Negeri 8 Kota Madiun berkomitmen dalam menjaga lingkungan dari bahaya sampah dan menjadi Sekolah yang Berbudaya Lingkungan. Kepedulian terhadap sampah harus dimulai dari diri sendiri. Pengelolaan sampah menjadi tanggung jawab semua masyarakat agar Upaya Pemerintah dalam mensosialisasikan, menekan, dan mengelola sampah melalui Hari Peringatan Sampah Nasional 2021 bisa terlaksana dengan optimal. (Ag)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar