Info Sekolah
Rabu, 27 Okt 2021
  • SMP Negeri 8 Madiun

POKJA ADIWIYATA SMPN 8 MADIUN

Diterbitkan : - Kategori : umum

Tujuan Program Adiwiyata adalah : menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah untuk menjadi tempat pembelajaran dan penyadaran warga sekolah, sehingga dikemudian  hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya penyelamatan lingkungan bagi sekolah dasar dan menengah di Indonesia. Program Adiwiyata harus berdasarkan norma-norma Kebersamaan, Keterbukaan, Kejujuran, Keadilan, dan Kelestarian  Fungsi Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

Untuk menjadikan sekolah yang Peduli dan berbudaya Lingkungan maka diperlukan beberapa kebijakan sekolah yang mendukung dilaksanakan kegiatan pendidikan lingkungan hidup oleh semua warga sekolah sesuai dengan prinsip dasar program Adiwiyata yaitu partisipatif dan berkelanjutan.

Dan sekolah telah ditujuk dalam partisipasi lomba sekolah adiwiyata, itu berarti sekolah sudah mengimplementasikan program kepedulian dan pelestarian lingkungan. Tentunya terus mengembangkan komponen dan standar ADIWIYATA yang meliputi :

  1. Pemenuhan dan Penguatan Kebijakan Berwawasan Lingkungan
  2. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan dalam Proses Pembelajaran.
  3. Peningkatan Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif.
  4. Pemenuhan dan pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan

Untuk mendukung program adiwiyata ini di bentuklah pokja-pokja. Pokja adalah suatu kelompok kerja yang mendukung jalannya program adiwiyata ini, seseorang yang berada di dalam kelompok kerja tentunya memiliki kesadaran lebih terhadap lingkungan. Salah satu tugas pokja yang utama adalah menyadarkan seluruh warga sekolah tentang betapa pentingnya arti kebersihan lingkungan sekitar kita. Tugas pokja sebagai wadah untuk mengembangkan potensi siswa dengan berlandaskan lingkungan, sehingga siswa bisa bermasyarakat dan menerapkan budaya peduli lingkungan.

Dampak Adiwiyata

Pada sekolah :

  1. Sekolah dapat Lebih berperan aktif dalam menciptakan kawasan yang peduli dengan lingkungan
  2. Sekolah bisa menciptakan siswa – siswa yang sadar akan lingkungan
  3. Sekolah bisa berperan dalam semua kegiatan dalam rangka mengurangi global warming
  4. Sekolah bisa menjadi sarana penyalur pendidikan lingkungan secara praktek langsung pada Siswa

Pada Siswa :

  1. Siswa dapat membiasakan agar membuang sampah pada tempatnya
  2. Siswa dapat mengerti pentingnya memilah – milah sampah
  3. Siswa dapat mengerti bahwa barang bekas bukan hanya untuk dibuang tapi juga dapat dimanfaatkan

 

BERIKUT CONTOH POKJA DI SMPN 8 MADIUN:

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar