Info Sekolah
Rabu, 27 Okt 2021
  • SMP Negeri 8 Madiun

SPENDEN MENUJU ADIWIYATA MANDIRI

Diterbitkan : - Kategori : Berita Prestasi / Berita Sekolah / Kesiswaan / umum

Adiwiyata  merupakan salah satu program Kementrian Negara Lingkungan Hidup yang memiliki tujuan untuk mendorong terciptanya pengetahuan serta juga kesadaran warga sekolah dalam pelestarian lingkungan hidup.

Fungsi program adiwiyata merupakan agar seluruh pelajar ikut terlibat dalam segala kegiatan atau aktivitas persekolahan demi menuju lingkungan yang sehat dan juga mampu menghindari dampak lingkungan yang negatif.

Berdasarkan pengertian dari Adiwiyata didalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup No. 2 pada Tahun 2009 mengenai pedoman pelaksanaan program adiwiyata. Pengertian adiwiyata dipasal 1 merupakan sekolah yang baik dan ideal sebagai tempat memperoleh segala ilmu pengetahuan & berbagai norma serta juga etika yang dapat menjadi dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup juga cita-cita pembangunan berkelanjutan.

Menciptakan kondisi yang lebih baik bagi pada sekolah untuk menjadi wadah pembelajaran sertajuga penyadaran segenap warga sekolah diantaranya Murid, Guru, Orang Tua/Wali Murid, dan juga lingkungan masyarakat demi terciptanya upaya pelestarian lingkungan hidup.

Warga sekolah juga turut bertanggung jawab dalam mengupayakan penyelamatan lingkungan hidup serta juga pembangunan yang berkelanjutan.

Mendorong dan membantu sekolah untuk dapat turut serta didalam melaksanakan upaya pemerintah demi melestarikan lingkungan hidup dalam pembangunan yang berkelanjutan, berwawasan lingkungan demi hadirnya kepentingan generasi yang akan datang.

Penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota, penghargaan yang diberikan oleh Bupati/Walikota.

Penghargaan Adiwiyata Nasional yakni suatu penghargaan yang diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup juga Kehutanan.

Penghargaan Adiwiyata tingkat Provinsi ialah suatu penghargaan yang diberikan oleh Gubernur.

Penghargaan Adiwiyata Mandiri ialah suatu penghargaan khusus bagi tiap-tiap sekolah dengan penilaian berupa sekolah yang mempunyai minimal 10 sekolah binaan yang telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata Kabupaten/Kota, juga penghargaan yang diberikan oleh Presiden.

SMP Negeri 8 Madiun telah melewati tahap Sekolah Adiwiyata dari tingkat kota hingga tingkat nasional, lalu saat ini akan menuju Adiwiyata Mandiri. Kemajuan Sekolah tidak lepas dari koordinasi seluruh warga sekolah dengan pihak terkait. SMP Negeri 8 Madiun memiliki lahan yang luas, asri dan terawat. Menurut Kepala Sekolah, SMPN 8 Madiun memiliki potensi untuk menjadi sekolah maju berwawasan budaya dan lingkungan, karena semua ada di SMPN 8 Madiun, tegasnya. “Mohon dukungan dan bantuan segala pihak yang terkait, kami berkomitmen untuk memajukan sekolah dengan melestarikan budaya dan lingkungan, SMP Negeri 8 Madiun bisa dan siap dibanggakan” kata Kepala Sekolah Baru SMPN 8 Madiun, Ibu Nunuk Setyawati, S.Pd.

 

Artikel ini memiliki

0 Komentar

Beri Komentar